Peduli COVID-19, Mahasiswa KKN UIN Walisongo Gelar Edukasi PHBS ke Panti Asuhan

Dalam rangka peduli COVID-19, mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) UIN Walisongo Semarang menggelar edukasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di Panti Asuhan Putri Aisyiyah Hj Rumijatun Kaliwungu, Kendal, pada Selasa (03/11).

Mahasiswa KKN UIN Walisongo Semarang, Dita Sasmita, menjelaskan bahwa di masa pandemi ini seharusnya anak-anak di panti asuhan mendapatkan perhatian khusus untuk mengetahui tata cara pencegahan dan penularan COVID-19. “Tinggal di Panti Asuhan dengan keadaan yang padat atau berkerumun menjadikan mereka rentan terhadap papan virus COVID-19,” ujar Dita.

Selain itu, keterbatasan sumber informasi juga membuat anak-anak di panti asuhan masih perlu mendapatkan bimbingan untuk menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) yang telah menjadi protokol kesehatan sebagai upaya dalam pencegahan COVID-19. “Bisa dimulai dengan mencuci tangan dengan menggunakan sabun, menjaga kebersihan tubuh sampai makan makanan yang bergizi,” tambah Dita.

Lebih dari itu, Dita juga memberikan edukasi mengenai cara berpergian di masa pandemi COVID-19 seperti saat ini. “Selalu memakai masker ketika berpergian dan mencuci tanngan dengan menggunakan sabun sebelum dan sesudah berpergian” pungkasnya.

Editor: Zahran Fadillah Abdullah