Hubungan Indonesia-Korea Selatan Tunjukkan Tren Positif

Himpunan Mahasiswa Ilmu Politik Universitas Bakrie mengadakan kegiatan South Korean Day pada Minggu, 24 Maret 2019. Kegiatan ini merupakan bagian dari Peringatan 45 Tahun Hubungan Diplomatik Indonesia-Korea Selatan tahun 2018 lalu.

Dalam kegiatan ini, Kepala bagian Politik, Kedutaan Besar Republik Korea, Kim Hakjo, turut hadir dan memberikan kuliah tentang Hubungan Diplomatik Indonesia dan Korea Selatan. Selain itu, di acara ini, turut hadir pengamat Ali An Sun Geun yang juga CEO Ali & Ali Consulting. Ia menyebut bahwa hubungan Indonesia-Korea Selatan khususnya pada sektor ekonomi dan investasi menunjukkan tren yang positif. Ia menyebut kerjasama di bidang garmen, sepatu, dan pertanian akan menjadi perhatian kedua negara.

Di samping itu, pengamat hubungan internasional Universitas Bakrie, Muhammad Badaruddin menyebut bahwa Indonesia merupakan mitra terbaik Korea Selatan di wilayah Asia Tenggara. Ia juga menyebut kerjasama di sektor pertahanan seperti dalam hal pembelian pesawat tempur menjadi titik tertinggi hubungan antarkedua negara.

Reporter: Maulana Wiga

Editor: Adiputra Zulham