Selama 45 Tahun, 3M Setia Berinovasi Untuk Tingkatkan Kualitas Kehidupan Indonesia

Lebih dari satu abad yang lalu, Kota Minnesota Utara, Amerika Serikat menjadi saksi dimulainya kisah sukses 3M yang merupakan kepanjangan dari Minnesota, Mining, and Manufacturing Company (3M). Pada tahun 1902, lima pendiri 3M berangkat dari tujuan sederhana yakni, menambang untuk menemukan bahan untuk dijadikan amplas dan roda gerinda. Namun, hasil yang ditemukan yakni mineral berkualitas rendah. Hal inilah yang memicu munculnya semangat inovasi dan kolaborasi yang mengantarkan 3M sebagai perusahaan global yang secara konstan berada dalam daftar Fortune 500. 3M secara konsisten menghasilkan produk dengan teknologi dan inovasi terbaik, serta menjawab kebutuhan di seluruh dunia.

Di Indonesia sendiri 3M hadir dan mulai beroperasi sejak 1975 di mana saat itu hanya memiliki tiga orang karyawan. 3M terus membidik pasar tertentu dengan memperkuat portofolio, kemampuan penelitian dan pengembangan, serta proses bisnis. Hingga saat ini, 3M senantiasa menyediakan produk untuk berbagai segmen seperti segmen keselamatan dan manufaktur, keamanan transportasi, kaca film, rumah sakit, perawatan mulut, perawatan rumah tangga dan kesehatan konsumen, dan masih banyak lainnya.

 Presiden Direktur 3M, Indonesia, Sashidharan Sridharan menyatakan selama 45 tahun, 3M telah menjawab tantangan dan memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia melalui produk berkualitas dengan dasar ilmu pengetahuan dan inovasi. Langkah ini tak lepas dari kerjasama antara mitra bisnis dan seluruh karyawan yang bekerja dengan sangat baik. Sridharan juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada pelanggan setia 3M yang telah mempercayakan produk dari 3M. “Umpan balik dari pelanggan merupakan semangat bagi 3 M untuk tetap berinovasi dan meningkatkan sumber daya sains di Indonesia menuju global,” tambahnya.

Dalam mengembangkan perusahaan, 3M memiliki tiga nilai atau strategi penting yakni Ilmu Pengetahuan (Science), Inovasi (Innovation), dan Masyarakat & Budaya (People & Culture) .

Science digunakan 3M untuk mengatasi tantangan global, meningkatkan kualitas kehidupan, dan membantu menciptakan dunia yang lebih baik.  3M menerapkan science untuk membuat dampak nyata dengan memicu kemajuan dan inovasi yang menginspirasi dalam kehidupan dan komunitas di seluruh dunia. Di Indonesia, 3M memberikan dukungan berkelanjutan pada pendidikan sains, teknologi, teknik, dan matematika (STEM). Salah satunya dengan menyelenggarakan kompetisi sains interaktif bernama 3M Science Games, kompetisi ini diharapkan dapat memperluas pengetahuan siswa sekolah dasar, mengembangkan bakat, kreativitas dan minat pada sains, serta untuk membangun kreativitas dan keingintahuan siswa di Indonesia.

 Innovation adalah cara 3M bekerja dan mengembangkan ide. Setiap hari, 3M bekerja untuk memecahkan masalah dengan menerapkan kreativitas dan pengetahuan untuk membuat hidup menjadi lebih mudah. 3M memberikan kesempatan kepada Peneliti dan Ilmuwan nya untuk memanfaatkan 15% waktu mereka untuk melaksanakan proyek mereka sendiri. Hal ini dapat mendorong meningkatnya produktivitas bekerja dan mempertahankan antusiasme untuk terus menemukan solusi baru atas tantangan yang dihadapi pelanggan. Pada tahun 2011, 3M membangun Customer Innovation Center (CIC) dimana teknologi dan inovasi yang sudah dihasilkan oleh 3M selama ini bisa ditunjukkan secara komprehensif.

 People & Culture menjadi prioritas dasar lainnya dari 3M, di mana perusahaan terus mengambil tindakan untuk mengembangkan karyawan dan memperkuat budaya yang mendukung lingkungan inklusif agar karyawan tetap merasa aman, terlibat, dan bebas untuk berkreasi dan berinovasi.

 Selain itu, 3M Indonesia juga melakukan program berkelanjutan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat, seperti program bantuan pangan, saluran air bersih, dan terlibat dalam perbaikan akuakultur dan ekosistem bakau. Sashidharan menambahkan “3M terus membantu membangun komunitas yang berkelanjutan melalui investasi strategis, keterlibatan bisnis dan para karyawan 3M secara global dengan tujuan untuk membuat perbedaan di dunia. Saat ini, 3M Indonesia telah bekerjasama dengan berbagai mitra terpercaya dalam mendukung program inisiatif lingkungan yang memberikan dampak positif bagi seluruh masyarakat”.

Editor: Aidia Awwaaba